News

Sekolah GenIUS

SISWA SMP GenIUS Menuju Nasional Pada Math and Logic Competition 2019

Tiga tim Siswa SMP GenIUS ikuti Math and Logic Competition pada 20 Oktober 2019 hingga 03 November 2019. Kerja keras para siswa berlanjut pada semifinal tingkat nasional yang dilaksanakan di Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga, Surabaya pada 03 November silam.
Proses seleksi demi seleksi dilalui, berawal dari tiga tim SMP GenIUS mengikuti proses seleksi di tingkat regional melawan 14 tim se-Jabodetabek. Babak penyisihan dilakukan secara offline cabang lomba Matematika SMP terdiri dari 25 soal isian singkat, dan 1 soal uraian sebagai pembanding, dengan waktu pengerjaan 100 menit. Hasil penyeleksian mereka lolos pada babak seperempat final. Peserta yang lolos ke babak perempat final sebanyak 60 tim dari semua jenjang lomba.

Setelah berhasil masuk dalam 25 peringkat teratas, mereka kembali mengikuti proses seleksi untuk masuk dalam babak perempat final. Lagi-lagi dua diantara mereka, Fiodory Leuwol dan Apeles Marten Kambuaya kelas VIII lolos menuju semiinal. Proses seleksi tingkat regional ini melawan 58 tim se-Indonesia.

Babak semifinal dilakukan secara tertulis dengan sistem cepat tepat terdiri dari beberapa soal uraian, dengan waktu pengerjaan 100 menit, dan lokasi yang berpindah-pindah (seperti rally).

Skor penilaian menggunakan pembobotan dan apabila salah, poin dikurangi sebanyak separuh bobot soal. Namun pada babak ini perjuangan Fiodory dan Apeles harus terhenti karena belum meraih peringkat 5 teratas.

Kendati demikian, Esther K. Wirawam, M.Psi. selaku Kepala Sekolah GenIUS menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi proses belajar siswa sudah percaya diri dan senang berlomba di bidang matematika sampai tingkat nasional.

Pihaknya menambahkan, label juara, piala, dan penghargaan bentuk apa pun hanya bonus semata. Sejatinya proses dalam pengalaman belajar pada bidang matematikanyalah yang utama. Khususnya pengalaman berkompetisi dengan berbagai sekolah se-Indonesia menjadi pengalaman berharga yang tak ternilai harganya.

Di sisi lain Azalia Herma, S.Si., Koordinator Olimpiade Sekolah GenIUS, memaparkan terkait lolosnya siswa SMP GenIUS hingga babak semifinal merupakan prestasi yang luar biasa yang diperoleh dari perjalanan yang luar biasa pula.

Ia melanjutkan, setelah satu tahun lebih memperlengkapi diri dengan terus belajar dan berlatih, akhirnya membuahkan hasil yang baik. Meski belum meraih gelar juara dan membawa pulang hadiah, namun mereka menghadirkan sebuah harapan baru bagi teman seperjuangan lain di Sekolah GenIUS untuk terus mencoba dan tidak berputus asa.

Ia berharap, selanjutnya agar lebih banyak siswa/i yang mampu memperoleh peringkat yang tinggi saat mengikuti perlombaan dan menjadi teladan bagi teman-temannya yang lain. Selain itu, diharapkan prestasi yang diperoleh tim matematika boleh menjadi inspirasi dan motivasi siswa/i yang lainnya untuk ikut berhasil dan mengharumkan nama sekolah.

“Bukan berarti perjuangan tim matematika selesai setelah perlombaan ini selesai. Tentu tim olimpiade akan terus membentuk dan mengevaluasi siswa/i tersebut agar dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 dan perlombaan akademik lainnya, perwakilan sekolah GenIUS boleh membawa pulang sebuah kebanggaan dan piala,” jelasnya.

Kesan yang didapatkan siswa tim matematika pun disampaikan dengan berbagai spekulasi di luar dugaan. Seperti yang diutarakan salah satu tim, Fiodory Leuwol kelas VIII, menurutnya meskipun soal yang diujikan tergolong sulit, namun acara dan materi yang disampaikan pihak pemateri di sana sangat menyenangkan.

©Sekolah Genius