News

Sekolah GenIUS

GenIUS Mempersembahkan Akreditasi A untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia Timur

Sekolah GenIUS (24/11/19) menerima asesor dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Ini merupakan kali pertama sekolah GenIUS melaksanakan akreditasi. Penilaian oleh tim asesor dilakukan untuk jenjang Sekolah Dasar. Ada 8 standar yang dinilai oleh tim asesor, antara lain: standar isi, standar proses, standar penilaian, standar kompetensi lulusan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, dan standar pembiayaan. Seluruh komponen sekolah, baik siswa, guru, kepala sekolah, maupun manajemen berkolaborasi untuk mendapat hasil terbaik. Berkat hasil kerja keras seluruh komponen sekolah, akhirnya sekolah berhasil meraih akreditasi A.

Sekolah GenIUS merupakan sekolah berasrama yang diperuntukkan khusus untuk anak-anak yang berasal dari Indonesia timur. Sekolah berbasis riset dalam bidang sains, matematika, teknologi rekayasa, dan seni bagi siswa layanan khusus dan siswa cerdas, berbakat istimewa untuk mewujudkan Indonesia Jaya. Bukanlah hal yang mudah untuk mewujudkan visi sekolah, diperlukan kerja sama, kerja keras dan kerja cerdas. Salah satu prinsip kepala yayasan sekolah GenIUS, Prof. Yohanes Surya yaitu tidak ada anak yang bodoh, yang ada adalah anak yang belum mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik dengan metode yang benar.

Siswa-siswa di Sekolah GenIUS berasal dari daerah 3T, mayoritas berasal dari Papua. Mereka mendapat bantuan beasiswa dari Pemerintah Daerah untuk bersekolah di Sekolah GenIUS. Siswa-siswa yang bersekolah di GenIUS merupakan siswa-siswa pilihan yang sudah melewati beberapa tahap proses sleksi, antara lain: pemetaan kemampuan calistung (baca,tulis, dan hitung), psikotest dan tes wawancara, serta tes kesehatan. Berdasarkan hasil proses sleksi itulah sekolah GenIUS bisa mengevaluasi sejauh mana kemampuan mereka.
Akreditasi merupakan pengevaluasian terhadap sekolah. Dengan adanya akreditasi yang dilakukan, dapat menentukan kualitas sekolah tersebut. “Berani mempertahankan idealisme pendidikan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi sekolah GenIUS. Capaian nilai A dalam akreditasi ini dipersembahkan untuk pendidikan di Indonesia Timur. Bermodalkan tekat yang kuat guna memberikan pendidikan terbaik dan tepat sasaran, saya berharap dengan hasil akreditasi siswa mampu mengejar ketertinggalan dan mempunyai semangat tinggi untuk dapat bersaing dalam kancah nasional maupun internasional” ujar Miss Esther selaku Kepala Sekolah GenIUS.

©Sekolah Genius