News

Sekolah GenIUS

Pentas Seni Sebagai Wadah Menunjukkan Minat dan Bakat Siswa

Rabu (18/12) berlangsung acara pentas seni di Sekolah Dasar GenIUS. Pentas seni yang diselenggarakan oleh sekolah merupakan program yang diadakan setiap satu semester. Tujuan diselenggarakannya pentas seni sebagai wadah untuk menampilkan minat bakat siswa. Selain itu, pentas seni juga diselenggarakan sebagai wadah pembuktian kepada wali siswa dan civitas akedimik sekolah genIUS bahwa ekstrakurikuler di sekolah dapat menghasilkan siswa-siswa berbakat.

Pentas seni yang diadakan di sekolah dihadiri oleh seluruh komponen sekolah baik dari ketua yayasan, pemerintah daerah, wali siswa, dan seluruh warga sekolah genIUS. Pentas seni diadakan sebelum pengambilan rapor. Siswa yang menampilkan bakat-bakat terpendam merupakan siswa kelas 4 s.d. 6. Mereka berlatih dengan giat selama 6 bulan agar tampil memesona.

Bakat-bakat yang ditampilkan oleh siswa antara lain, paduan suara, tari balet, dan tari tradisional. Tim paduan suara menyanyikan lagu rayuan pulau kelapa. Siswa yang termasuk ke dalam tim tersbut menyanyikan dengan penuh kesungguhan, terlihat dari raut wajah mereka dan sikap tubuh mereka ketika bernyanyi dan akhirnya berkat kesungguhan tim paduan suara berhasil tampil memukau. Tampil memukau pun juga terjadi pada tim balet, tim yang terdiri dari 5 orang siswa perempuan ini sangat percaya diri ketika menggerakan bagian tubuh mereka. Tari balet merupakan tarian yang sangat baik untuk melatih motorik halus siswa. Gerakan tubuh yang ditampilkan sangat menyatu dengan musik yang mengiringi, gerakan balet yang siswa tampilkan seperti menginterpretasikan makna yang terdapat pada musik. Selain balet ada juga tari tradisional yang juga menampilkan gerakan tubuh yang indah. Tari tradisional yang ditampilkan merupakan salah satu tari yang dimiliki Indonesia, yaitu tari bali. Tari bali sangat khas dengan gerakan yang lemah gemulai dan identik dengan gerakan mata. Bukan hal mudah khususnya untuk siswa sd dapat menampilkan tari bali. Namun berkat kerja keras, mereka berhasil memberikan penampilan yang terbaik.

Para penonton yang melihat penampilan siswa-siswa sekolah dasar terlihat sangat terpukau dengan penampilan mereka diacara pentas seni. Tergambar dari raut wajah penonton bahwa mereka sangat menikmati pentas seni yang diselenggarakan oleh sekolah genIUS. Sorak-sorai penonton juga tak luput saat siswa-siswa mulai menunjukkan bakat mereka baik di bidang tarik suara maupun bidang seni tari.

“Saya senang karena dapat tampil di acara pentas seni. Karena pentas seni sangat bagus untuk mengembangkan krativitas siswa dan melatih siswa untuk percaya diri tampil di depan umum. Selain itu, dengan adanya pentas seni semakin membuat saya merasa ingin terus menggali dan tekun berlatih agar saya dapat lebih mengembangkan bakat yang saya miliki” ujar Natalya siswa kelas 5.

©Sekolah Genius