News

Sekolah GenIUS

PON XX PAPUA : TORANG BISA!

Pekan Olahraga Nasional (PON) kerap menjadi salah satu pesta olahraga nasional yang prestisius. Di tahun 2021, untuk pertama kalinya provinsi Papua menjadi  tuan rumah pada PON XX. Berbagai persiapan telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. PON yang seharusnya diadakan ditahun 2020 silam, terpaksa diundur ke tahun 2021 karena pandemi COVID-19.

Keberlangsungan PON XX disambut dengan banyak dukungan, beberapa dukungan itu tidak lain berasal dari Menpora dan Menkominfo yang optimis bahwa  perhelatan ini akan berlangsung sukses tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan.

Salah satu hal yang menarik dari PON XX adalah jargon ‘Torang Bisa’, sebuah frasa yang sudah sangat umum dikenal oleh masyarakat Papua. Kata ‘Torang’adalah singkatan dari ‘kita orang’. Sehingga Torang Bisa dapat dimaknai sebagai ajakan kepada para atlet untuk bersikap optimis dan berjuang bersama-sama dalam kompetisi ini.

Optimisme masyarakat Papua juga terlihat dari keberhasilan tim kriket puteri Papua dalam meraih medali emas pertama di PON XX pada tanggal 28 September 2021. Peraihan emas pertama ini menjadi pembakar semangat serta awalan yang baik bagi provinsi Papua sebagai tuan rumah. PON XX juga menjadi ajang untuk Papua menunjukkan potensi dan semangat yang dimilikinya.

Selain sebagai kompetisi olahraga, PON XX Papua juga ikut mempromosikan berbagai seluk beluk derahnya. Diantaranya profil maskot untuk PON XX adalah kanguru pohon mantel emas dan burung cenderawasih, keduanya merupakan satwa endemik asli Papua. Pada logo PON XX, juga terdapat unsur motif ukiran khas Papua, dan stadion papua bangkit. Keseluruhan logo berwarna emas yang memberikan kesan megah.

Ajang PON XX ini merupakan langkah yang baik agar semakin banyak orang dapat mengenal Papua yang bukan hanya unggul pada keindahan alamnya saja. Masih banyak sekali potensi yang dimiliki oleh Papua. Selain dibidang olahraga, berbagai potensi akademik dan non-akademik lainnya yang berhasil diraih oleh putera-puteri Papua. Banyak peserta didik dari Papua di Sekolah GenIUS, yang memiliki prestasi dan kemampuan serta kreativitas yang luar biasa.

PON XX Papua : Torang Bisa!

©Sekolah Genius