News

Sekolah GenIUS

Penuh Semangat, Sekolah GenIUS Gelar Class Meeting

Bersama Kita Pasti Bisa!

1 Oktober 2021

Tangerang – Sorak sorai menggema di lapangan. Teriakan para siswa membakar semangat pemain yang tengah bertanding bola voli mewakili kelasnya. Bukan hanya siswa, para guru serta pembina asrama pun terlibat dalam suasana penuh gairah tersebut. 

Dalam bulan September 2021 ini, terhitung tanggal 29 s.d 1 Oktober, Sekolah GenIUS menggelar kegiatan class meeting dengan tema “Bersama, Kita Pasti Bisa!”. Acara ini sebetulnya merupakan format baru kegiatan sekolah yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022. Sebelum-sebelumnya, Sekolah GenIUS kerap menggelar kegiatan fieldtrip atau Steamifi untuk aktivitas penyegaran setelah PTS (Penilaian Tengah Semester) ataupun PAS (Penilaian Akhir Semester).

Ibu Aty selaku panitia bidang acara menerangkan bahwa “Bersama, Kita Pasti Bisa!” dipilih sebagai tema kegiatan bukan tanpa alasan. Di balik tema ini tersirat harapan yang besar, “Kami melihat fenomena besarnya usaha siswa-siswi Sekolah GenIUS yang ditunjukkan saat mereka bekerja sama dalam mencapai tujuan, terutama ketika membawa nama kelasnya. Hal inilah yang kami yakini dan ingin kami tanamkan pada diri siswa bahwa dengan adanya kekuatan bersama, semua akan bisa dilalui dengan baik. Kerja sama ini tidak hanya terjadi antar siswa tetapi juga dengan dihadirkannya peran guru sebagai coach. Dengan adanya peran guru, kami juga ingin menanamkan bahwa pemain yang hebat, berasal dari kerja sama tim juga berkat bimbingan dari pelatih yang juga hebat.

Keterangan tersebut kemudian diamini oleh Ibu Febri yang juga berperan sebagai panitia acara. “Tema ini diusung dengan harapan dan keyakinan bahwa apapun yang dilakukan secara bersama akan menjadi lebih mudah dan bisa dilakukan dengan baik. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kebersamaan antar civitas Sekolah GenIUS, menumbuhkan rasa kebersamaan dan sportivitas antar kelas dan guru Sekolah GenIUS, serta penyegaran setelah belajar menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS).” tutur Bu Febri.

Kegiatan class meeting kali ini terdiri atas tiga bidang lomba, yaitu futsal, voli, dan voli air. Lomba dibagi menjadi dua grup, yaitu grup A dan grup B. Grup A terdiri atas kelas 5 dan 6 SD, 7 dan 8 SMP. Sedangkan grup B terdiri atas kelas 9 SMP, 10, 11 dan 12 SMA. Kelas-kelas ini kemudian dipertemukan dalam pertandingan secara acak untuk memperebutkan gelar juara grup. 

Class meeting kali ini dilaksanakan pasca pembelajaran daring yang dilakukan selama PPKM. Tentu hal ini menjadi sangat emosional baik bagi siswa maupun guru karena kegiatan ini menjadi momentum aktivitas bersama setelah cukup lama tidak bertemu di kelas. Terlebih bagi para guru yang baru bergabung bersama Sekolah GenIUS pada tahun ini. Pak Nanda ialah satu di antaranya. Ia merupakan pembina asrama sekaligus guru Bahasa Jepang yang baru bergabung tiga bulan lalu.

“Ini adalah kali pertama saya class meeting untuk tahun ini. Karena sebelumnya saya belum di sini. Ada dua hal yang menarik untuk saya. Pertama, anak-anak itu kan habis PTS ya, mereka itu pusing semua, capek secara pikiran dan saya melihat kegiatan ini membuat anak-anak jadi happy. Lepas semua bebannya. Terus yang kedua, itu saya sebagai pembina sekaligus guru juga, saya melihat antara guru dan para pembina asrama itu seperti kurang dekat ya. Ada jarak gitu. Ketemu pun ya itu ketika ada kepentingan saja. Tapi setelah kegiatan ini saya jadi bisa mengenal guru-guru di sini. Karena kan ada Latihan bareng gitu ya, jadi kita ngobrol, bercanda juga. Jadi kalau kita mau untuk mendekat ketika mungkin jam senggang, mungkin chemistry antara guru dan pembina itu bisa terjalin sehingga jadi hal positif sebagai modal kita dalam membina siswa maupun mengajar gitu. Sehingga bisa mengembangkan Sekolah GenIUS ke depannya jadi lebih baik.” Pak Nanda memaparkan.

Selain untuk mengisi kekosongan serta memulihkan Kembali semangat anak-anak, class meeting kali ini juga memang dimaksudkan untuk memupuk kebersamaan seluruh warga Sekolah GenIUS terutama antara guru, pembina asrama dan siswa Sekolah GenIUS. Maka dari itu, dibentuklah kelompok yang terdiri atas 3 orang guru untuk mendampingi kelas. Setiap kelompok pendamping diberi beberapa tugas seperti melakukan perkenalan, memimpin siswa dalam menghias kelas, serta mengatur strategi pertandingan.

Kemudian, para guru dan pembina asrama juga dibagi ke dalam 4 kelompok secara acak yang diberi nama; Elemen Air, Elemen Udara, Elemen Tanah, dan Elemen Api. Ke-empat kelompok ini kemudian harus menyiapkan sebuah penampilan untuk dipertunjukkan pada acara puncak di hari jumat, 1 Oktober 2021. Jadi pada acara puncak, selain ada pembagian hadiah bagi para pemenang lomba, para guru juga akan tampil dengan konsep pertunjukan yang disiapkan oleh kelompok masing-masing dan akan dinilai oleh para siswa.

Alhasil, kegiatan class meeting ini mampu menarik hati para siswa. Tidak terkecuali bagi Timo yang berhasil membawa timnya; Kelas 11 keluar sebagai juara futsal dan voli air grup B. Timo menjelaskan bahwa dirinya sangat senang dengan penyelenggaraan class meeting kali ini. Selain menyenangkan, Timo juga merasa kegiatan ini membuat para siswa menjadi lebih akrab dengan guru-guru serta pembina asrama.

“Saya sangat senang dengan adanya kegiatan olah raga ini. Karena kami jadi lebih akrab dengan guru-guru dan pembina.”

-Timo, Kelas 11

Berbeda dengan Timo, Rinaldi dari tim kelas 10 yang bertanding Voli dan harus kalah di babak semi final oleh kelas 12. Meski begitu, Naldi mengaku tetap merasa senang, “kami kalah cara main kelompok saja dengan kelas 12. Mereka lebih kompak. Kita semua sebetulnya sering main sama-sama kan? Hanya saja kan dibagi kelompok, dan kelas 10 ini belum sekompak kelas 12. tapi, kami tetap menikmati. seru-seruan saja.” pungkasnya.

Senada dengan Rinaldi, Videlia yang merupakan siswa kelas 7B juga mengaku sangat senang dengan kegiatan perlombaan kali ini meskipun tim kelasnya harus kalah dari kelas 8 di babak penyisihan. Ial menuturkan bahwa prmainan kelasnya kurang kompak terutama dalam pertandingan voli air. Selanjutnya Videlia juga berharap agar panitia bisa memasukkan bulu tangkis, tenis dan basket ke dalam agenda class meeting berikutnya

(Fam)

©Sekolah Genius