News

Sekolah GenIUS

Perwujudan Pendidikan Demokrasi, Sekolah GenIUS Selenggarakan Pemilihan Ketua OSIS periode 2021/2022

Tangerang – Selasa, 12 Oktober 2021 menjadi hari yang cukup istimewa bagi Sekolah GenIUS. Dimana pada hari tersebut, seluruh warga Sekolah GenIUS mengamalkan perwujudan pendidikan demokrasi yaitu pemilihan ketua OSIS.

Lima orang kandidat telah bersiap untuk dipilih. Tiga untuk jenjang SMA, dan dua untuk jenjang SMP. Kandidat ketua OSIS SMA yaitu, Timo Deal, Sani Ngep dan Raimond Wamati. Sedangkan kandidat ketua OSIS SMP yaitu Nikson Oropka dan Evert Salibana.

Kelimanya harus tampil berpidato memaparkan visi misi mereka.  Dipandu oleh moderator, secara bergantian mereka maju dan berdiri di lapangan sekolah menghadap ke arah seluruh audien. Selain berpidato mengenai visi misi, semua siswa, guru, pembina asrama, atau siapa pun diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan kepada para kandidat.

Pak Bambang selaku pembina OSIS menjelaskan bahwa kegiatan pemilihan ini telah dipersiapkan sejak beberapa minggu lalu. Dimana para kandidat di-briefing untuk mempersiapkan pidato visi misi dengan dihafalkan. Para kandidat tidak diperkenankan untuk membaca teks pidato, melainkan hanya diperbolehkan membawa catatan yang berisi poin-poin pentingnya saja. Hal tersebut dimaksudkan agar para kandidat terbiasa dengan pidato tanpa teks dan memiliki ketegasan sikap dalam menjawab pertanyaan.

“Kelima kandidat ini anak-anak yang sangat potensial ya. Mereka adalah anak-anak yang cukup populer karena kemampuan akademiknya. Dan yang paling penting, mereka juga mengajukan diri sendiri untuk mengikuti pencalonan ini. Jadi artinya, mereka punya kepercayaan diri yang baik.” Pak Bambang menjelaskan.

Kegiatan pemilihan ketua OSIS ini berjalan dengan lancar hingga akhir. Seluruh surat suara telah dikumpulkan ke dalam kotak suara yang nantinya akan dihitung oleh panitia pemilihan. Para audiens terlihat mulai meninggalkan lapangan tempat pemungutan suara digelar. Semua tampak puas dengan debat yang baru saja digelar. Tak terkecuali bagi Faiz, siswa kelas 10 B. “pidatonya bagus-bagus, Saya sampai bingung harus pilih siapa karena pemaparan visi misinya itu bagus semua. Tapi saya harus pilih satu ya, jadi saya pilih. Kita lihat saja nanti siapa yang menang.” tutup Faiz.

Selain Faiz, Yosias Balka yang kini duduk di kelas 12 SMA yang juga merupakan Ketua OSIS SMA periode 2020/2021 menyatakan harapannya; “Saya berharap agar nantinya kepengurusan OSIS bisa membuat kegiatan-kegiatan yang menyenangkan supaya bisa menjadi hiburan bagi adik-adik dan kakak-kakak kelas ya. Kemudian, terlepas dari siapapun yang nantinya terpilih, semoga para kandidat bisa menjadi teladan serta mampu merangkul teman-temannya semua. Baik yang tergabung dengan kepengurusan OSIS maupun yang tidak untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan sekolah serta bersama-sama mencetak prestasi untuk Sekolah GenIUS.” pungkas mantan Ketua OSIS tersebut.

Pengumuman pemenang pemilihan akan diumumkan pekan depan. Setelah itu, panitia juga akan melakukan upacara pelantikan.

(Fam)

©Sekolah Genius