Club Science

***

Kembangkan Karakter Peneliti Lewat Ekskul Club Science

Sekolah GenIUS (SG) menjalankan visi misinya untuk mencetak peneliti-peneliti muda. Untuk mengasah jiwa peneliti tersebut SG mencanangkan Ekstrakurikuler (ekskul) Club Science. Ekskul ini diikuti oleh semua jenjang SG, dimana siswa diajarkan membuat prakarya-prakarya/percobaan-percobaan yang bersentuhan ilmu sience.

Ekstrakurikuler Klub Sains diadakan untuk mewadahi siswa siswi yang memiliki ketertarikan mendalam terhadap dunia sains. Kelas ini di desain dengan program eksperimental dimana siswa secara langsung berinteraksi dengan materi praktikum yang telah disediakan oleh para pengajar di Sekolah GenIUS.
Pada semester ini, siswa belajar mengenai prinsip dasar penelitian dari sudut kimia dalam kehidupan sehari hari, dimana ia akan belajar mengenai reaksi kimia, karbondioksida, pengaruh panas dan polimer. Selain itu siswa juga mempelajari mengenai prinsip dasar pesawat terbang.

Selain memahami prinsip dasar dalam dunia penelitian, mengembangkan sikap kritis, siswa juga diharapkan dapat mengembangkan juga karakter mereka sebagai peneliti, dan percaya diri dalam mendemonstrasikan maupun ketika mempresentasikan sesuatu.

Pada tahun ajaran ini, Sekolah GenIUS spesial menghadirkan Pakar Penelitian yang sudah melanglang dalam dunia riset internasional. Beliau adalah Bapak Teuku Beuna Bardant, M.Sc yang merupakan seorang peneliti lulusan dari Jepang yang saat ini bekerja di LIPI. Kehadiran Bpk Beuna diharapkan akan dapat menginspirasi siswa sehingga siswa dapat terus mengembangkan kemampuannya dalam dunia penelitian.

Dirinya mengakui antusiasme siswa sangat tinggi. Tak heran target-target yang hendak dicapai pada semester kemarin sudah dilalap habis oleh siswa.
“Siswa dapat dengan mudah memahami materi dan sangat antusias. Banyak pertanyaan-pertanyaan mengapa begini, mengapa begitu, dll. Pada akhirnya mereka bisa menjawab sendiri atas pertanyaan yang diajukan ke saya. Kadang mereka menjawab temuan dari hasil percobaan digabungkan dengan hal yang mereka baca dari buku bacaan sience yang sudah mereka baca,” jelasnya.
Beuna berharap dengan adanya ekskul ini siswa tidak hanya mendapatkan pelajaran dengan cara doktrin. Namun dengan percobaan secara langsung siswa harus dapat menyimpulkan jawaban sendiri dari hasil temuannya.

©Sekolah Genius