Sekolah GenIUS

Generasi Indonesia Jaya untuk Semua

Latar Belakang

Sekolah GenIUS

Sekolah Generasi Indonesia Jaya Untuk Semua (Sekolah GenIUS - SK Ijin Operasional No. 421/1/504 disdik), merupakan sekolah yang didirikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pendidikan bagi siswa CIBI (Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa) dan siswa dari daerah 3T (Tertinggal, Terdalam, Terdepan). Pengembangan Sekolah GenIUS telah berjalan selama lebih dari 13 tahun. Program pendidikan ini diawali dengan semangat untuk membuktikan bahwa Indonesia memiliki banyak putra putri daerah yang cerdas dan mampu bersaing di dunia internasional meski berasal dari daerah tertinggal. Semangat tersebut yang akhirnya membawa banyak siswa dari daerah 3T khususnya Papua berhasil memperoleh piala dalam ajang olimpiade matematika dan sains baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

GenIUS, memiliki arti dimana generasi ini adalah generasi Indonesia jaya yang dipersiapkan untuk membangun semua daerah Indonesia. GenIUS = Gen I (saya) , dan US (kita/Sekolah GenIUS), akan mengubah individu dengan gen tinggi yang semula berorientasi pada “I – saya” menjadi berorientasi pada “US-kita” dimana semula cenderung berpikir egosentris menjadi lebih memperhatikan masyarakat, dan mengembangkan diri untuk dapat berkontribusi terhadap masyarakat sekitar.

 

Founder

Prof. Yohanes Surya, Ph.D.

Prof. Yohanes Surya, Ph.D., tokoh utama penggagas TOFI (Tim Olimpiade Fisika Indonesia) di tahun 1992, yang berhasil menjadikan Indonesia meraih juara dunia di berbagai Olimpiade Sains dunia bergengsi seperti: IPhO (International Physics Olympiad) dan APhO (Asian Physics Olympiad).

Melalui wadah Surya Institute, Prof. Yohanes Surya, Ph.D. mengembangkan sebuah metode pembelajaran matematika secara Gampang, aSyIk dan MenyenaNGkan, disingkat GASING. Metode ini dibuat agar anak-anak lebih mudah dalam berhitung matematika dan mencintai ilmu matematika.

Berbagai pengalaman mengajar dan penelitian telah dilaluinya hingga berkesempatan mendirikan Sekolah GenIUS di tahun 2013 untuk menjawab tantangan pendidikan bagi generasi penerus bangsa yang nantinya mampu mengembangkan berbagai potensi daerahnya.

Untuk mengembangkan sekolah dengan fasilitas yang baik dan lengkap, Prof. Yohanes Surya, Ph.D. menggandeng seorang partner bernama Bambang Prayitno pada Oktober 2017. Dan mendirikan Yayasan Pendidikan GenIUS sebagai wadah yang menaungi dan fokus pada Sekolah GenIUS ini.

Bambang Prayitno seorang pengusaha yang sudah lebih dari 30 tahun bergerak di bidang logistik dan memiliki cita-cita untuk membangun sekolah.

Sejak umur 12 tahun, Bambang Prayitno yang hanya menempuh pendidikan sampai tingkat Sekolah Dasar, harus menjadi tulang punggung keluarga, ketika ayahnya meninggal dunia. Beliau berkorban dan bekerja keras agar ke-3 adiknya mendapatkan pendidikan yang terbaik. Pada tahun 1978, setelah adik-adiknya selesai sekolah, beliau merantau ke Jakarta. Perlahan setelah bekerja keras di Ibukota dan penghasilannya cukup, beliau membawa ibu dan adik-adiknya ke Jakarta Juga.

Dengan berbagai asset yang dimiliki Bambang Prayitno, Sekolah GenIUS telah menempati gedung sekolah yang baik untuk kegiatan belajar mengajar, lengkap dengan sarana olahraga, seni dan laboratorium, asrama, serta sarana prasarana lainnya yang diperlukan sekolah.

Beliau percaya melalui pendidikanlah negara Republik Indonesia dapat menjadi negara yang maju.

VISI

Menjadi sekolah berbasis riset dalam bidang sains, matematika, teknologi, rekayasa dan seni bagi siswa layanan khusus dan siswa cerdas, berbakat istimewa untuk mewujudkan Indonesia Jaya.

Misi

  • 1Mengembangkan program pendidikan khusus dan layanan khusus berbasis riset dalam bidang sains, matematika, teknologi, rekayasa, dan seni jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  • 2Menyelenggarakan pendidikan khusus dan layanan khusus berbasis riset dalam bidang sains, matematika, teknologi, rekayasa, dan seni jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • 3Menumbuh kembangkan siswa berkarakter unggul, berjiwa kepemimpinan, dan memiliki kompetensi peneliti muda.
  • 4Memasyarakatkan program pendidikan khusus dan layanan khusus berbasis riset dalam bidang sains, matematika, teknologi, rekayasa, dan seni jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Area Sekolah

Sekolah GenIUS berlokasi di kawasan kota mandiri Lippo Karawaci, Tangerang yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Rumah Sakit, Mall, Hotel, Terminal Bis dan lain lain.

Aktifitas Luar Ruang

Aktifitas belajar SG tidak tergantung sarana fisik, untuk pengembangan softskill dan karakter siswa-siswi SG juga bermain dan belajar di luar ruangan.

Ekstrakurikuler

Selain Kurikulum Nasional, pembelajaran di SG juga didukung oleh program-program ekstrakurikuler seperti Taekwondo, Science Club, Modern Dance dan Biola.

©Sekolah Genius