Sekolah GenIUS

Generasi Indonesia Jaya untuk Semua

Latar Belakang

Sekolah GenIUS

Sekolah Generasi Indonesia Jaya Untuk Semua (GenIUS) didirikan untuk memberikan kesempatan bagi siswa yang berasal dari daerah Indonesia Timur untuk memeroleh pendidikan terbaik.

GenIUS bukanlah sekadar nama. Di dalamnya tersemat doa-doa, harapan dan cita-cita. Sekolah GenIUS merupakan akronim dari Generasi Indonesia Jaya Untuk Semua. Indonesia Jaya di sini mengandung makna adanya harapan agar anak-anak Indonesia senantiasa menggenggam nilai-nilai Indonesia Jaya, yaitu; memiliki integritas, loyalitas, menghargai kebhinekaan, sikap kerja sama, sikap optimisme, sikap kerja keras, terdepan, dan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan.

Selain itu, GenIUS juga memiliki arti dimana generasi ini adalah generasi Indonesia Jaya yang dipersiapkan untuk membangun semua daerah Indonesia. GenIUS, Gen I (saya) dan US (kita/Sekolah GenIUS) memiliki makna bahwa Sekolah GenIUS selalu berupaya untuk mengubah individu yang semula hanya berorientasi pada “I – Saya” yang cenderung egosentris, menjadi “US – Kita” atau lebih memerhatikan sesama, serta dapat berkontribusi terhadap pendidikan bangsa.

Sejak berdiri tahun 2013, GenIUS percaya bahwa setiap anak dapat mengembangkan potensi diri hingga batas optimal bila mereka mendapat stimulasi dengan cara yang tepat. GenIUS juga mendorong siswanya untuk berpikir akademis, ilmiah dan kritis, salah satunya dengan menerapkan topik riset sejak dini. Melalui proses riset dan observasi, siswa GenIUS terasah untuk menyelesaikan masalah, bertukar pendapat dengan orang lain, dan mampu mempresentasikan karya mereka dengan baik. GenIUS juga memfasilitasi siswanya untuk turut bersaing dalam ajang kompetisi maupun konferensi sampai ke tingkat Internasional.

Dasar legalitas Pendirian Sekolah GenIUS : Undang-undang No. 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional - Pasal 5 ayat 3 dan 4. Peraturan Pemerintah No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan - Bab VII tentang Penyelenggaraan Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 72 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus.

VISI

Menjadi sekolah berbasis riset dalam bidang sains, matematika, teknologi, rekayasa dan seni bagi siswa layanan khusus dan siswa cerdas, berbakat istimewa untuk mewujudkan Indonesia Jaya.

Misi

  • 1Mengembangkan program pendidikan khusus dan layanan khusus berbasis riset dalam bidang sains, matematika, teknologi, rekayasa, dan seni jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  • 2Menyelenggarakan pendidikan khusus dan layanan khusus berbasis riset dalam bidang sains, matematika, teknologi, rekayasa, dan seni jenjang pendidikan dasar dan menengah
  • 3Menumbuh kembangkan siswa berkarakter unggul, berjiwa kepemimpinan, dan memiliki kompetensi peneliti muda.
  • 4Memasyarakatkan program pendidikan khusus dan layanan khusus berbasis riset dalam bidang sains, matematika, teknologi, rekayasa, dan seni jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Area Sekolah

Sekolah GenIUS berlokasi di kawasan kota mandiri Lippo Karawaci, Tangerang yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Rumah Sakit, Mall, Hotel, Terminal Bis dan lain lain.

Aktifitas Luar Ruang

Aktifitas belajar SG tidak tergantung sarana fisik, untuk pengembangan softskill dan karakter siswa-siswi SG juga bermain dan belajar di luar ruangan.

Ekstrakurikuler

Selain Kurikulum Nasional, pembelajaran di SG juga didukung oleh program-program ekstrakurikuler seperti Taekwondo, Science Club, Modern Dance dan Biola.

©Sekolah Genius