News

Sekolah GenIUS

Rajut Kreativitas dan Semangat Penelitian, Sekolah GenIUS Helat Party of Genusian: Torang Bisa dan Hebat!

16 Desember 2021

Tangerang – Dengan terampil tangan-tangan para siswa menyambungkan plastik demi plastik hingga menjadi sebuah balon udara yang cukup besar. Setelah balon selesai dibuat, mereka lalu menyiapkan lilin-lilin kecil yang dialasi oleh kertas alumunium dan diberi palangan dari sedotan. Palangan dari sedotan ini menjadi penyangga lilin yang dipasangkan pada bagian bawah balon. Lilin kemudian dibakar, dan balon pun berhasil diterbangkan.

Aktivitas membuat balon udara tadi adalah bagian dari kegiatan Steamifi 4.0 dalam rangkaian acara PON (Party of Genusian) I tahun 2021. PON merupakan event perdana yang digelar oleh Sekolah GenIUS dan dimaksudkan untuk mewadahi berbagai kegiatan seperti Steamifi 4.0, Felas 2021, GenIUS Party dan Joyful Christmas.

Secara keseluruhan, PON bertujuan untuk menanamkan pola pikir dan sikap seorang peneliti serta rasa keingintahuan akademik melalui kegiatan Steamifi 4.0 dengan melakukan eksperimen membuat gastronomi molekuler, balon udara, lampu lalu lintas, filtrasi air, magic christmas tree, 3D printing, dan simulasi sistem peredaran darah.

Meningkatkan kualitas literasi siswa melalui kegiatan Felas 2021 dengan lomba debat, story telling, my daily vlog, dan essay persuasive. Mengasah kreativitas siswa melalui GenIUS Party dengan fashion show dan GenIUS got talent. Dan yang terakhir adalah merayakan hari Natal tahun 2021 dengan kegiatan Joyful Christmas yang meliputi kegiatan menghias kelas dengan hiasan natal, bakti sosial, dan kegiatan keakraban.

PON yang pertama kali digelar ini bertema Torang Bisa dan Hebat. Harapannya adalah agar para siswa memupuk kepercayaan diri mereka dalam melakukan berbagai hal. Bahwasanya setiap anak memiliki kemampuan yang hebat. Selama memiliki kemauan yang kuat, segala hal pasti bisa dilakukan.

Rangkaian kegiatan berlangsung selama lima hari, terhitung sejak 13-17 Desember 2021. Kegiatan demi kegiatan berlangsung dengan khidmat dan menyenangkan. Para siswa mengaku sangat antusias, “kegiatannya bagus karena percobaan-percobaannya menarik. Kami jadi belajar cara membuat balon udara, filtrasi air, simulasi sistem peredaran darah dan yang lainnya. Selain itu, Ibu Hagai yang mengajarkan kami mengenai percobaan ini juga sangat asyik orangnya” ujar Daniel siswa kelas 7 SMP Sekolah GenIUS.

Hal serupa pun dirasakan oleh Viola yang juga merupakan siswa kelas 7. Viola merasa senang dengan seluruh rangkaian acara PON terutama kegiatan risetnya. “Meskipun agak sedikit sulit, tetapi seru juga” jawab Viola dengan singkat.

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan siswa saja, melainkan juga guru-guru serta pembina asrama terlibat di dalamnya. Pada lomba fashion show misalnya. Setiap kelompok rumpun bidang studi wajib mengirimkan perwakilan untuk memamerkan busana yang dirancang kelompok masing-masing. Tak ayal, suasana pun menjadi gegap gempita tatkala semua peraga baik siswa maupun guru berlenggok memamerkan karyanya. Tepuk tangan dari para audiens memadati Lapangan Sekolah GenIUS, menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan.

Sepekan sudah keseluruhan acara berjalan. PON tahun 2021 kemudian ditutup oleh kegiatan terakhir yaitu Joyful Christmas pada hari Jumat 17 Desember 2021. Seluruh warga Sekolah GenIUS berdoa bersama, menghias pohon natal, bakti sosial dan terakhir pembagian hadiah juga kartu ucapan.

(Fam)

©Sekolah Genius